Sabtu, 16 Februari 2019

Asem jawa (tamarindus indica)

Asem Jawa  
 
nama ilmiah Tamarindus indica, yang termasuk kedalam suku Fabaceae (Leguminosae). spesies ini adalah satu-satunya dari anggota spesies Tamarindus.
 


Asam jawa bonsai kontes pameran JOGJABOTANI.BLOGSPOT.COM

Cara memperoleh Bibit/Bahan Bonsai Asam jawa

Berdasarkan cara mendapatkan bibit bonsai, maka pohon bonsai Asem terdiri ada dua cara, yaitu cara pembuatan bonsai dari Biji, dan cara pembuatan bonsai dari hasil cangkok.

Sobat jogjabotani, yang perlu kita ketahui pohon asam jawa sangat berbeda dengan tanaman lain misalnya Serut, tanaman ini tergolong sulit atau bisa dibilang "tidak bisa" ditanam dengan cara stek, walaupun pernah ada rekan pebonsai yang mengatakan berhasil muncul tunas namun ternyata tidak bertahan lama karena tunas yang keluar hanya dari sisa kambium yang tersisa pada batang subur.

Untuk bahan hasil dongkelan hutan asam jawa juga rawan mati, biasanya muncul tunas hanya dari sisa kambium, bahkan ada yang bertahan sampai 1bulan tiba-tiba mati sia-sia. Jadi kesimpulannya admin merekomendasikan untuk asam jawa sebaiknya bahan berasal dari biji atau hasil cangkok
 



Menanam Biji Asam Jawa

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah pemilihan biji yang akan ditanam. Pilih biji asam jawa yang sudah tua atau yang sudah masak.
Siapkan baskom atau mangkuk yang berisi air, lalu rendam biji asam jawa tersebut selama satu hari. Perendaman ini dilakukan agar cangkang biji asam yang tebal dan keras dapat mengelupas dari bijinya.
Setelah cangkang bijinya mudah mengelupas, angkat biji asam jawa tersebut dari rendaman air kemudian rendam kembali pada wadah lain yang berisi larutan pupuk khusus pertumbuhan.
 
Selanjutnya, tanam biji pada polybag atau pot yang sudah diisi media tanam. Media tanam adalah komposisi tanah, sekam dan pasir. Tanam biji tersebut ke dalam media tanam namun jangan menimbunnya terlalu dalam. Tunggu hingga bijinya mulai berkecambah dan mulai tumbuh lebih besar. Dalam keadaan ini, beberapa pebonsai ada yang sudah memulai program pemotongan akar tunggang untuk mendapatkan akar berputar menyamping, walaupun tingkat keberhasilannya kecil(rawan mati)
 
Bentuk daun asam jawa bonsai tamarindus indica kumpulbonsai.blogspot.com
 

 
Proses Ground(penanaman di tanah)

Proses ground atau ada yang menyebut "los" adalah proses pembesaran dengan cara ditanam dikebun, proses ini bisa dibilang  sangat menghemat waktu untuk pembesaran, Sobat jogjabotani, proses ground admin sarankan dibawah akar diberi alas(biasanya pebonsai menggunakan genteng atau keramik) agar pohon tidak begitu stres saat diangkat, selain itu alas juga bermanfaat untuk membentuk akar menjadi menyamping datar jadi memudahkan untuk ditanam dipot,

Pada dasarnya, pohon asem jawa menyukai tanah yang berdrainase lancar . Jadi lebih baik jika ditanam pada tanah yang berkapur atau berpasir. Dengan begitu, tunas-tunas baru akan cepat bermunculan.





Membentuk dan merawat pohon asem jawa

Tahap setelah tanaman bonsai Anda tumbuh sesuai ukuran yang diinginkan, maka selanjutnya dapat dilakukan pembentukan untuk mendapatkan karakter yang diinginkan. 

  1. Pilihlah gaya bentuk bonsai yang Anda ingin buat misalnya cascade, bunjin, tertiup angin, dll
  2. Atur diameter batang, tahap ini memproses agar batang tanaman bagian bawah menjadi lebih besar dan bagian atas semakin meruncing. Ada beberapa cara diantaranya dengan memberi full sinar matahari, cara lain dengan pemotongan secara rutin atau cara ekstrim dengan pecah batang.
  3. Dahan yang baik adalah dahan yang berada di bagian ujung(puncak) lengkungan batang pohon. Dahan yang berada di bagian dalam lengkungan dapat dipotong. Perlu diingat ranting usahakan tidak sejajar, jika ada yang tumbuh sejajar potong salah satu. 
  4. Tarik garis lurus dari pangkal batang hingga bagian puncak pohon(usahakan seimbang)
  5. Pangkas ranting atau dahan yang rimbun secara rutin agar tidak saling menutupi dan untuk memperbanyak tunas. Note: ukuran ranting tidak boleh lebih besar dari batang utama.
  6. Selanjutnya, lakukan perawatan berupa penyiraman yang rutin beserta pemupukan. Pemupukan bisa menggunakan pupuk organik seperti pupuk kandang, kompos atau pupuk kimia seperti decastar, NPK dll.
  7. Terakhir adalah pembentukan bonsai. Proses pembentukan bonsai asam jawa dapat dilakukan dengan bantuan kawat tembaga atau bisa dengan tali rafia bisa juga menggunakan batang kayu, Bentuklah sesuai yang Anda kehendaki dengan membelit atau melilitkannya dengan kawat. Lilitan kawat bisa dilepaskan setelah terlihat masuk kedalam batang(kira-kira 2-3bulan tergantung kesuburan batang)




Nah, setelah rutin Sobat jogjabotani merawat dalam beberapa tahun bonsai pohon asem Anda akan jadi terbentuk dan siap dipajang di halaman rumah Anda. Tampilan bonsai asam jawa terlihat menarik karena daun-daunnya yang kecil menambah kesan miniatur dari pohon besar. Lakukan terus perawatan, pemupukan dan jangan lupa lakukan juga pemangkasan berkala agar bentuk dari tanaman yang sudah jadi tidak berubah.

 
 
Sekian ulasan kali ini. 
Selamat mencoba dan Salam Budidaya










 Baca juga:

Tips Trick Bonsai Asem Jawa

Membuat Bonsai Sancang

Bonsai Hokianti

Anting Putri

Jenis-jenis Beringin (ficus)

Tentang Bonsai Kimeng

 

Langkah Mudah Membuat Bonsai

Tentang Bonsai Cemara Udang

Jenis Pohon Cemara

Bonsai Boxus

Cangkok Akar Bonsai

Membuat Bonsai Kawista

Klasifikasi Bonsai Waru

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mari berkomentar dengan bijak dan sopan :)
salam penghijauan, salam budidaya